Diberdayakan oleh Blogger.

FIFA CENTURY

FIFA CENTURY

10 Legenda Terbesar Sepakbola Sepanjang Masa

Inilah daftar 10 pemain sepakbola terbaik sepanjang masa. Kemampuan, skill, dan teknik individu dari para maestro lapangan hijau ini jauh di atas rata-rata pemain sepakbola lainnya. Berbagai gelar kejuaraan dan penghargaan yang telah mereka persembahkan bagi klub dan juga tim nasionalnya masing-masing menjadi bukti betapa tingginya kualitas dan level permainan mereka di kancah sepakbola dunia. Maka, tak heran ke-10 nama ini ada dalam buku sejarah persepakbolaan dunia FIFA.

Siapa sajakah mereka? Berikut listnya yang telah disusun secara acak :


1. ALFREDO DI STEFANO




Dialah legenda terbesar Real Madrid sepanjang sejarah berkat deretan gelar yang telah diberikannya untuk klub ibukota itu sebagai pemain. Itu dibuktikannya dengan terpilihnya Di Stefano sebagai pemain terbaik Real Madrid sepanjang masa dari polling para responden di situs www.realmadrid.com. Di Stefano unggul atas 99 pemain terbaik Madrid lainnya dengan perolehan 28.466 suara, mengungguli Zinedine Zidane di posisi kedua dan Raul Gonzalez di posisi ketiga, bahkan namanya jauh di atas mantan presiden klub, Santiago Bernabeu, yang berada di posisi kelima.

Pemain kelahiran Argentina ini memenangkan 6 gelar liga selama 12 tahun karier pertamanya di Argentina dan Kolombia, sebelum merengkuh banyak kesuksesan bersama Real Madrid. Bersama Real Madrid, Di Stefano memenangkan Liga Champions 5 musim berturut-turut (1956, 1957, 1958, 1959, 1960) dan masih menjadi rekor Eropa yang belum terpecahkan hingga saat ini. Di Stefano juga membawa Madrid menjuarai 8 gelar La Liga Spanyol, di samping 5 kali menjadi El Pichichi (pencetak gol terbanyak Liga Spanyol). Tak hanya itu, Di Stefano juga tercatat sebagai pencetak gol terbanyak keempat dalam sejarah Top Skorer Liga Spanyol dengan 228 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Real Madrid dengan 308 gol di bawah Raul. Gelar Ballon d'Or (Pemain Terbaik Eropa) juga berhasil disandangnya 2 kali, tahun 1957 dan 1959. Sayangnya, Di Stefano belum pernah mencicipi gegap gempitanya turnamen akbar Piala Dunia lantaran mengalami cedera.




Dengan deretan gelar prestisius itu, tak heran jika Pele kemudian memasukkan namanya dalam daftar FIFA 100 sebagai salah satu pemain bola terbesar sepanjang sejarah FIFA. Real Madrid juga mengangkat Di Stefano sebagai Presiden Kehormatan Klub dan mendirikan sebuah patung besar dirinya, juga mengabadikan namanya sebagai nama tempat latihan tim. Itu semua dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi dan jasa-jasanya yang besar bagi kejayaan Real Madrid.




2. MICHEL PLATINI




Bisa dikatakan, sosok  inilah legenda terbesar sepakbola Prancis sebelum era Zinedine Zidane. Masa kejayaan dan ketenarannya pada dekade 80-an mengantarkan Platini menjadi salah seorang pemain terbaik dunia sepanjang sejarah sepakbola. Gelar Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'Or) tiga tahun berturut-turut, 1983, 1984, 1985 menjadi bukti sahih kehebatannya.

Mengawali karier di klub tanah kelahirannya, Platini justru menikmati masa kejayaan saat memperkuat klub elite Italia, Juventus. Dia berhasil membawa Juventus meraih gelar scudetto dan Piala Italia di tahun 1983, musim pertamanya disana. Prestasi itu diteruskan di musim berikutnya dengan menjuarai Piala UEFA 1984 dan Piala Champions 1985. Meskipun berposisi sebagai pemain tengah (gelandang), tetapi gol demi gol terus mengalir dari kaki dan kepalanya. Terbukti dari gelar capocannonieri alias pencetak gol terbanyak Liga Italia 3 tahun berturut-turut, 1983, 1984, dan 1985 berhasil direbutnya.




Kesuksesan Platini di tingkat klub juga berbanding lurus dengan prestasinya di tingkat internasional. Dia sukses membawa Prancis memenangkan gelar Piala Eropa 1984 di kandang sendiri, gelar pertama Prancis di kancah internasional. Gelar itu terasa makin spesial karena Platini juga menyabet penghargaan Sepatu Emas sebagai Top Skorer turnamen dengan raihan 9 gol dari 5 pertandingan. Total Platini sukses mencetak 41 gol dalam 72 pertandingan bersama Prancis dan bertengger di urutan kedua sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Prancis. Nama Platini pun kemudian terpilih masuk dalam Tim Terbaik Abad Ini.


3. JOHAN CRUYFF




Kurang lengkap rasanya jika kita tidak memasukkan nama Johan Cruyff di antara nama-nama besar legenda sepakbola lainnya, seperti Pele, Maradona, Beckenbauer, atau Platini. Yah, Cruyff, salah seorang pemain terbesar yang pernah dilahirkan negeri Belanda. Sepanjang kariernya, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini meraih banyak sekali gelar-gelar bergengsi, baik gelar individual maupun gelar juara bersama klub-klub yang dibelanya.

Memulai karier di klub tanah kelahirannya, Ajax Amsterdam, Cruyff langsung menorehkan prestasi emas. Total 9 gelar juara Eredivisie Liga Belanda dan 6 Piala Belanda berhasil dimenangkannya bersama Ajax. Puncaknya Cruyff membawa Ajax meraih gelar Piala Champions 3 tahun berturut-turut, 1971, 1972, dan 1973. Belum berhenti sampai disitu, Cruyff juga sukses menjadi pencetak gol terbanyak Liga Belanda sebanyak 2 kali dan terpilih menjadi Pemain Terbaik Belanda tahun 1973 dan 1974. Gelar Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'Or) juga berhasil disandangnya 3 kali, tahun 1971, 1973, dan 1974. Semua torehan gemilang itu benar-benar membuat Cruyff menjadi pemain terbaik dunia era 70-an. Namanya pun masuk dalam Tim Terbaik Abad Ini.




Bersama timnas Belanda, kebintangannya juga tak kalah bersinar meski tak pernah sekalipun mempersembahkan mahkota juara. Cruyff menjadi komponen utama gaya permainan Belanda yang saat itu mendunia, Total Football. Di bawah asuhan penemu Total Football, Rinus Michels, Cruyff membawa Belanda menembus babak final Piala Dunia 1974 dengan permainan tim yang amat memukau dunia meskipun harus takluk di tangan Jerman Barat. Di akhir turnamen, Cruyff berhak atas Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen. Total Cruyff mencetak 33 gol dari 48 caps bersama timnas Belanda.



4. FRANZ BECKENBAUER




Dunia sepakbola mencatat nama Franz Beckenbauer sebagai salah satu legenda sepakbola terbesar sepanjang masa yang pernah dimiliki Jerman. Julukan "Der Kaizer" diberikan kepadanya berkat kepemimpinannya yang patut diacungi jempol dan aksinya yang memukau sebagai seorang pemain bertahan. Kariernya begitu gemilang bersama klub Bayern Muenchen dan juga timnas Jerman Barat. Hampir semua gelar kejuaraan telah diraihnya.

Beckenbauer mencatat prestasi fenomenal bersama Bayern Muenchen, klub tempatnya memulai karier. Selama 13 tahun, Beckenbauer mengantarkan Bayern Muenchen meraih 4 titel Bundesliga / Liga Jerman, 4 Piala Jerman, 1 Piala Winners, 1 Piala Intercontinental, dan 3 trofi Piala Champions (1974, 1975, 1976). Beckenbauer juga tercatat 4 kali terpilih sebagai Pemain Terbaik Jerman Barat dan 2 kali menjadi Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'Or) di tahun 1972 dan 1976. Lebih penting lagi, namanya masuk dalam Tim Terbaik Abad Ini, bersama Platini dan Cruyff.




Karier internasional Beckenbauer juga dihiasi dengan torehan tinta emas. Tampil sebagai kapten, Beckenbauer mengantarkan Jerman Barat menjadi juara Piala Eropa 1972 untuk pertama kalinya. Prestasi itu diteruskannya 2 tahun kemudian dengan membawa Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1974 di kandang sendiri. Secara keseluruhan, Beckenbauer mencetak 14 gol dalam 103 caps bersama Jerman Barat. Torehan itu pulalah yang membuat Pele tak ragu memasukkannya dalam daftar FIFA 100 sebagai salah satu legenda terbesar sepakbola.




5. EUSEBIO




Bukan Luis Figo, bukan pula Cristiano Ronaldo, melainkan Eusebio-lah legenda terbesar yang pernah ada dalam sejarah persepakbolaan Portugal. Nama besarnya akan terus terpatri dalam benak insan sepakbola Portugal dan Benfica khususnya. Bahkan untuk menghormati prestasinya, pada tahun 2004 Federasi Sepakbola Portugal mendeklarasikan Eusebio sebagai "Pemain Emas" mereka selama 50 tahun terakhir untuk menandai hari jadi UEFA yang ke-50 tahun.

Kebintangan Eusebio bersinar terang saat memperkuat klub Benfica. Pemain yang berjuluk "Black Panther" karena kelincahannya sebagai seorang striker mematikan ini membawa Benfica pada periode terbaiknya dalam sejarah klub. Selama 15 tahun kariernya di klub raksasa Portugal tersebut, Eusebio sukses mempersembahkan 11 gelar Liga Portugal, 5 Piala Portugal, dan Piala Champions 1962. Selain itu, Eusebio juga tercatat 3 kali mengantarkan Benfica menjadi finalis Piala Champions (1963, 1965, 1968).

Torehan gol Eusebio pun tak main-main, 320 gol dalam 313 pertandingan liga !  Rekor gol yang sangat fantastik. Belum lagi dengan gelar Top Skorer Liga Portugal yang berhasil direbutnya 7 kali (1964, 1965, 1966, 1967, 1968, 1970, 1973) dan Sepatu Emas Eropa tahun 1968 dan 1973. Tak hanya itu, Eusebio juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'Or) tahun 1965 dan Pemain Terbaik Portugal tahun 1970, 1973.

Semua pencapaian itu benar-benar membuat dirinya menjadi sosok yang sangat menonjol di mata dunia pada dekade 60 dan 70-an. Terlebih setelah Eusebio juga sukses mengantarkan timnas Portugal menempati peringkat 3 Piala Dunia 1966 dan merebut gelar Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak turnamen dengan 9 gol dalam 6 pertandingan. Nama Eusebio kemudian terukir dalam buku sejarah Portugal sebagai pencetak gol terbanyak timnas dengan 41 gol dalam 64 pertandingan, rekor yang bertahan selama 32 tahun sebelum akhirnya dipatahkan oleh Pedro Pauleta pada tahun 2005.




Sepanjang kariernya sebagai pesepakbola profesional, Eusebio total telah mencetak 733 gol dalam 745 laga. Atas jasa besarnya yang telah mengharumkan nama Benfica di kancah sepakbola dunia, didirikanlah sebuah patung perunggu Eusebio di luar stadion Benfica. Eusebio meninggal dunia pada 5 Januari 2014 dalam usia 71 tahun akibat gagal jantung.


6. LUIZ RONALDO




Tak bisa dipungkiri, pada masa jayanya Ronaldo merupakan salah seorang penyerang yang paling ditakuti para pemain bertahan lawan. Gol seolah tak pernah berhenti dari kedua kaki dan kepalanya sehingga membuatnya dijuluki "Il Phenomenon" berkat torehan golnya yang sangat fenomenal. Berbagai rekor dunia pun diciptakannya sepanjang kariernya di klub dan tim nasional Brazil. Tak heran namanya masuk dalam FIFA 100 pilihan Pele sebagai salah satu legenda terbesar sepakbola.

Memulai karier di klub Brazil, Cruzeiro, bintang Ronaldo mulai bersinar terang saat memperkuat PSV Eindhoven (Belanda) dimana pada musim pertamanya langsung menyabet gelar pencetak gol terbanyak Liga Belanda dengan 30 gol. Bersama Barcelona, Ronaldo sukses merebut gelar El Pichichi sebagai pencetak gol terbanyak Liga Spanyol (34 gol), juga di musim pertamanya. Puncaknya kala memperkuat Real Madrid, Ronaldo kembali menyabet gelar El Pichichi dengan 24 gol dan sukses mempersembahkan 2 titel La Liga Spanyol bagi klub ibukota itu.

Prestasi Ronaldo kala membela tim nasional Brazil juga sama gemilangnya. Ronaldo sukses memberikan 2 gelar Copa America (1997, 1999) dan memperoleh penghargaan Sepatu Emas pada Copa America 1999 dengan raihan 5 gol dalam 6 pertandingan. Ronaldo juga mengantarkan Brazil mencapai babak final Piala Dunia 1998 meskipun harus takluk di tangan tuan rumah Prancis saat itu. Namun dia berhak atas penghargaan Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen. Kegagalan itu berhasil ditebusnya 4 tahun kemudian dengan membawa Brazil menjadi juara Piala Dunia 2002 dan memperoleh penghargaan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak turnamen dengan 8 gol dari 7 pertandingan.




Ronaldo juga mencatat prestasi individual sebagai Top Skorer sepanjang masa Piala Dunia dengan 15 gol dalam 4 pagelaran Piala Dunia. Tak hanya itu, 3 gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA (1996, 1997, 2002) dan 2 gelar Pemain Terbaik Eropa / Ballon d'or (1997, 2002) semakin mempertegas nama besar Ronaldo. Saat ini, Ronaldo menempati urutan kedua sebagai pencetak gol terbanyak timnas Brazil dengan koleksi 62 gol dalam 97 caps, di bawah Pele.


7. ZINEDINE ZIDANE




Tak ada yang pernah menyangkal namanya sebagai maestro lapangan tengah yang pernah ada dalam sejarah dunia sepakbola. Zinedine Zidane lah yang mengantarkan persepakbolaan Prancis mencapai puncak prestasi dunianya. Gaya permainannya yang sangat sempurna dan elegan menempatkan namanya sebagai salah seorang yang berhak menyandang gelar maestro lapangan hijau.

Kariernya dimulai di klub sepakbola Prancis, AS Cannes dan berlanjut ke Girondins Bordeaux (Prancis). Zidane kemudian mulai mengenyam kesuksesan saat memperkuat Juventus. Bersama klub Italia itu, Zidane merebut 2 gelar scudetto (1997, 1998). Kariernya semakin cemerlang saat Zidane menerima pinangan klub raksasa Spanyol, Real Madrid dengan rekor transfer dunia saat itu, 47,2 juta poundsterling, sebelum akhirnya dipecahkan Cristiano Ronaldo dan Ricardo Kaka yang juga bersama-sama hijrah ke Real Madrid tahun 2009. Zidane sukses mempersembahkan mahkota Liga Champions yang ke-9 bagi Madrid tahun 2002, disusul dengan gelar La Liga Spanyol setahun berikutnya. Secara individu, Zidane juga berhasil menyandang gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 3 kali (1998, 2000, 2003) dan Pemain Terbaik Eropa (Ballon d'or) 1998.




Dalam karier internasionalnya, nama Zidane melambung tinggi. Dia sukses mengantarkan timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998 di kandang sendiri. Pada babak final, 2 gol Zidane membantu Prancis mengalahkan Brazil 3-0. Sukses itu berlanjut 2 tahun kemudian, Zidane berhasil membawa pulang trofi Piala Eropa.

Namun sayang, karier sepakbola Zidane berakhir kurang membahagiakan. Meskipun Prancis melaju hingga babak final Piala Dunia 2006 dan berhak atas Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen, dalam partai final Zidane mendapat kartu merah sehingga terpaksa dikeluarkan dari lapangan lantaran menandukkan kepala di bagian dada Marco Materazzi (Italia). Insiden itu sedikit banyak telah mencoreng nama besar Zidane yang dikenal sebagai pribadi yang santun.


8. LIONEL MESSI




Siapakah pemain sepakbola terhebat pada era sekarang ini? Semua orang pasti sependapat, Lionel Messi. Pemain kelahiran Argentina inilah pesepakbola tersukses pada era sekarang ini. Banyak sekali penghargaan dan trofi juara yang telah dikoleksinya, belum lagi ditambah dengan rekor-rekor gol yang berhasil dipecahkannya. Rasanya sangat pantas jika nama besarnya disandingkan dengan para legenda besar sepakbola lainnya, seperti Pele, Maradona, Platini, Cruyff, dan Beckenbauer.

Sampai saat ini, Messi hanya memperkuat Barcelona selama karier profesionalnya sebagai pesepakbola. Pemain didikan La Masia (akademi Barcelona) ini telah mendaratkan semua gelar kejuaraan yang ada bagi Barcelona. Mulai dari 6 gelar La Liga Spanyol, 2 Copa del Rey, 5 Piala Super Spanyol, 3 Liga Champions (2006, 2009, 2011), 2 Piala Super Eropa (2009, 2011), dan 2 Kejuaraan Piala Dunia Antarklub (2009, 2011). Pencapaian luar biasa itu membuatnya dianugerahi gelar Pemain Terbaik Dunia 2009, Ballon d'Or 2009, dan FIFA Ballon d'Or 2010, 2011, 2012 (sejak 2010 gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA dan Ballon d'Or dimerger menjadi satu). Itu menjadikan Messi sebagai satu-satunya pemain di dunia yang telah memenangkan penghargaan Ballon d'Or sebanyak 4 kali. Pemain yang mendapat julukan "Messiah" (Sang Penyelamat) ini juga terpilih menjadi Pemain Terbaik La Liga Spanyol 3 tahun berturut-turut (2009, 2010, 2011).

Berbagai rekor gol pun telah banyak dipecahkannya. Messi menjadi pemain pertama yang sukses memenangkan penghargaan Sepatu Emas Eropa sebanyak 3 kali, 2010 (34 gol), 2012 (50 gol), 2013 (46 gol) disamping 3 gelar El Pichichi tahun 2010, 2012, 2013. Messi juga tercatat sebagai satu-satunya pemain yang menjadi Top Skorer Liga Champions 4 musim berturut-turut (2009, 2010, 2011, 2012) dan saat ini bertengger di urutan kedua pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa dengan koleksi 65 gol, di bawah Raul (71 gol). Selain itu, Messi juga sukses mengukuhkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa dengan 331 gol. Messi juga mengukir rekor lainnya yang tak kalah fantastis dengan 8 kali terpilih sebagai Pemain Terbaik Argentina (7 diantaranya berturut-turut) dan masih banyak lagi puluhan rekor dunia lainnya yang telah dipecahkannya.




Namun sayang, prestasi mengkilap Messi di Barcelona tidak berbanding lurus dengan prestasinya di tingkat internasional. Messi hanya sanggup membawa timnas Argentina U-20 memenangkan gelar juara Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2005. Dalam turnamen itu, Messi menyabet kedua penghargaan, yaitu Bola Emas dan Sepatu Emas. Selain itu, Messi juga mempersembahkan Medali Emas Sepakbola Olimpiade 2008 bagi Argentina. Meskipun begitu, Messi belum pernah sekalipun mengangkat trofi Piala Dunia bersama timnas Argentina senior. Menarik ditunggu, mampukah Messi menjawab tantangan itu pada Piala Dunia 2014 mendatang di Brazil? Kita lihat saja nanti ^_^



9. DIEGO ARMANDO MARADONA




Bagi sebagian orang, Maradona dianggap sebagai pemain No.1 dunia meskipun tidak sedikit juga yang lebih memfavoritkan Pele sebagai yang terbaik. Namun begitu, FIFA telah mencatat namanya sebagai legenda terbesar sepakbola yang pernah ada di planet ini, seorang superstar sepakbola yang namanya tidak akan lekang oleh zaman.

Sepanjang kariernya di tingkat klub, Maradona tercatat 2 kali memecahkan rekor transfer dunia, saat bergabung dengan Barcelona dari Boca Juniors (Argentina) dan ketika menerima pinangan dari Napoli (Italia). Selama 7 tahun bersama Napoli inilah, Maradona melesat menjadi legenda hidup dan mengangkat citra Napoli menjadi klub yang disegani pada masa itu. Maradona mempersembahkan 2 gelar scudetto (1987, 1990), Piala Italia 1987, Piala Super Italia 1991, dan Piala UEFA 1989 bagi Napoli, prestasi yang sulit diulangi Napoli hingga kini. Maradona juga pernah menjadi Top Skorer Liga Italia tahun 1988. Sampai saat ini, Napoli masih menyimpan kostum nomor 10 yang selama ini dikenakannya dan tak pernah ada lagi yang menggunakannya, sebagai bentuk penghormatan atas kontribusi besarnya bagi Napoli.

Prestasi fenomenalnya terjadi pada Piala Dunia 1986. Tampil sebagai kapten, Maradona mengantarkan Argentina menjadi juara Piala Dunia dan merebut gelar Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen. Dalam turnamen itu, Maradona menciptakan gol paling kontroversial sekaligus paling dikenal dunia, yang kemudian dia sebut sebagai "Gol Tangan Tuhan". Gol yang diciptakan dengan tangan ini terjadi pada babak perempat final melawan Inggris. Namun Maradona berhasil menebus gol ilegal itu 4 menit kemudian dengan gol yang disebut-sebut sebagai gol terindah sepanjang sejarah Piala Dunia. Pada momen itu, Maradona meliuk dan menerobos 5 pemain bertahan Inggris, termasuk sang penjaga gawang, Peter Shilton. Gol itulah yang kemudian ditetapkan FIFA sebagai Gol Terbaik Abad Ini.




Selama berkostum timnas, Maradona total telah mencetak 34 gol dalam 91 pertandingan. Maradona juga tercatat 5 kali terpilih sebagai Pemain Terbaik Amerika Selatan dan 4 kali terpilih sebagai Pemain Terbaik Argentina. Tak hanya itu, Maradona juga sukses menjadi pencetak gol terbanyak Liga Argentina 3 tahun berturut-turut (1979, 1980, 1981). Secara keseluruhan, Maradona telah membukukan 258 gol dalam 492 pertandingan bersama klub-klub yang dibela sepanjang kariernya. Atas prestasi gemilangnya di kancah sepakbola dunia, FIFA kemudian menetapkan namanya sebagai Pemain Abad Ini pada tahun 2000, bersanding dengan Pele. Maradona meraih gelar tersebut berdasarkan polling internet di seluruh dunia. Namanya pun masuk dalam Tim Terbaik Abad Ini, bersama dengan Platini, Cruyff, Beckenbauer, dan Pele. Federasi Sepakbola Argentina juga memutuskan untuk tidak lagi mempergunakan kaos timnas bernomor punggung 10 yang selama ini dikenakan Sang Legenda sebagai bentuk penghormatan atas segala kontribusi yang diberikannya pada Argentina.


10. PELE




Siapa yang tidak kenal Pele? Dialah legenda terbesar sepanjang sejarah dunia sepakbola. Pemain yang mendapat julukan "Si Mutiara Hitam" ini pantas disebut sebagai yang No.1 sekolong jagad berkat catatan emasnya bersama tim nasional Brazil dan torehan golnya yang sangat fantastik. FIFA telah mencatat, sepanjang kariernya di lapangan hijau Pele total telah mencetak 1.281 gol dalam 1.363 pertandingan !

Pele juga telah mencatat rekor lainnya yang sangat sulit untuk dilewati pemain manapun di dunia, sebuah rekor dunia yang tampaknya sangat sulit dipecahkan, 3 kali memenangkan gelar juara Piala Dunia (1958, 1962, 1970) dalam 4 kali keikutsertaanya di ajang tersebut. Hingga saat ini, Pele masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak timnas Brazil dengan raihan 77 gol dalam 91 pertandingan.

Puncak kejayaan Pele terjadi tahun 1970. Bersama Jairzinho, Tostao, dan Rivelino, Pele tergabung dalam tim terkuat Brazil 1970, salah satu tim sepakbola terbaik yang pernah ada, dan turut mengantarkan Brazil menjadi juara Piala Dunia 1970. Di akhir turnamen, Pele merebut gelar Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen. Sepanjang kariernya, Pele telah 6 kali mencetak 5 gol dalam suatu pertandingan, 30 kali mencetak 4 gol, dan 92 kali membuat hattrick. Bahkan dia pernah mencetak 8 gol dalam satu pertandingan (tahun 1964). Pele menghabiskan hampir sebagian besar kariernya bersama Santos (Brazil).



Pemain yang mendapat julukan "King of Football" ini membukukan gol ke-1000 nya pada tanggal 19 November 1969 di stadion kebanggaan Brazil, Maracana. Hingga kini, publik kota Santos selalu mengingat tanggal 19 November sebagai Hari Pele untuk merayakan hari ulang tahun dari golnya yang ke-1000. Atas prestasi luar biasanya itu, FIFA telah menetapkan Pele sebagai Pemain Abad Ini pada tahun 2000, bersanding dengan Maradona, dan namanya masuk Tim Terbaik Abad Ini. Pele meraih gelar tersebut berdasarkan penilaian dari para petinggi FIFA, para jurnalis, dan pelatih-pelatih di seluruh dunia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

10 komentar:

  1. Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Hapus
  2. epak ball can be regarded as the most sports much demand in the world , therefore a lot of records in the record that a lot of printing in the world of football . Here Record Record In The World Footbal
    togel singapura

    BalasHapus
  3. saya ingin berbagi cerita kepada rekan-rekan/teman-teman semua beberapa bulan yang lalu saya bermasalah hutang piutang dan berkat saya menemukan Artikel tentang seorang yang bisa membantu saya keluar dari masalah hutang ini.Nama beliau AKI GENDENG.beliau mampu meramalkan angka-angka yang akan keluar dalam permainan togel beliau juga dapat memberikan kita pesugian yang berlimpah saya pun tidak pikir panjang langsung menelpon AKI GENDENG di nomor hpnya yang di share di jejaring sosial .berkat batuan Aki saya sudah 3 kali membuktikan ramalannya jika anda mau hubungi AKI GENDENG nomor hpnya 082-313-481-643

    BalasHapus
  4. saya ingin berbagi cerita kepada rekan-rekan/teman-teman semua beberapa bulan yang lalu saya bermasalah hutang piutang dan berkat saya menemukan Artikel tentang seorang yang bisa membantu saya keluar dari masalah hutang ini.Nama beliau AKI GENDENG.beliau mampu meramalkan angka-angka yang akan keluar dalam permainan togel beliau juga dapat memberikan kita pesugian yang berlimpah saya pun tidak pikir panjang langsung menelpon AKI GENDENG di nomor hpnya yang di share di jejaring sosial .berkat batuan Aki saya sudah 3 kali membuktikan ramalannya jika anda mau hubungi AKI GENDENG nomor hpnya 082-313-481-643

    BalasHapus
  5. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker

    ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan

    Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515

    bandar judi online
    agen bola terpercaya
    ayam bangkok

    https://goo.gl/lERILJ
    https://goo.gl/kbkvXv
    https://goo.gl/JB5DSD

    BalasHapus
  6. BONUS FREECHIP HARIAN!

    CemePoker yakni delegasi Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan beraneka banyak game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan juga sebagai agen judi poker dengan rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan sebagian membernya juga pemain Poker abdi dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai serampangan nantikan ganjaran menyentak tiap-tiap bulannya dan sawab referal segolongan hidup

    https://www.pokerceme.org/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo join sekarang di cemepoker.biz

    BalasHapus
  7. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA

    DewaZeus adalah bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan master agen master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di http://104.248.148.252/.

    Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
    alternatif zeusbola

    Ayo daftar sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  8. DEPOSIT BISA VIA PULSA XL!

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan buat awal akun permainan judi atau taruhan online guna anda di peserta judi online yang berpangkat International, sungguh dan terpercaya hanya di http://104.248.148.252/.

    Juga Sebagai Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man untuk beroperasi sbg juru taruhan sport sedunia.

    https://bolazeus.info/2019/01/03/bermain-judi-online-terpercaya-menggunakan-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.info/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
    https://bolazeus.info/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

    Atau nonton basket disini :
    nontonbasket.net

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

    BalasHapus